Klik VSI Yusuf Mansur
Home » Konsultasi » Konsultasi (Syariah & Tahfizh) » Konsultasi Syariah » Apa Keutamaan Ibadah Haji?

Apa Keutamaan Ibadah Haji?

infoislami.com – Pertanyaan: Assalamu ‘alaikum… pak Ustadz saya ingin tanya, apasih keutamaa ibadah haji? Sehingga saya perhatikan  tidak sedikit Umat Muslim khususnya di Indonesia yang ingin sekali pergi haji ke tanah suci selalu mengantri beberapa tahun setelah pendaftaran. Sekian wassalamu ‘alaikum

Jawaban

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang lima, haji juga merupakan diantara syiar Islam yang paling agung yang telah Allah Syariatkan kepada hambanya dalam rangka membersihkan dan mensucikan jiwa mereka .
Allah SWT berfirman :

”Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus  yang datang dari segenap penjuru yang jauh”. (Q.S. Al-Hajj/22 : 27)

Qatadah berkata : “Ketika Allah SWT memerintahkan Ibrahim AS dan Nabi kita juga kepada setiap hamba pilihan untuk menyeru manusia agar melaksanakan ibadah haji, maka dia (Ibrahim AS) menyeru : “ wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah Azza wajalla telah membangun sebuah rumah (Ka’bah), maka berangkat hajilah kalian”.

Ada banyak keutamaan melaksanakan ibadah haji, sehinggah banyak jamaah yang mengantri hingga baru bisa berangkat 7 tahun setelah mendaftar walaupun setiap tahunnya biaya Ongkos Naik Haji  (ONH) terus mengalami kenaikan. Diantaranya keutamaan Hjia adalah :

Amal yang paling utama

Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya : ”Amalan apakah yang paling utama?”. Rasulullah menjawab : ”Iman kepada Allah dan Rasul-Nya”. Ditanya lagi : ”kemudian apa lagi?”. Rasul menjawab : ”Jihad di jalan Allah”. Ditanya lagi : ”Kemudian apa lagi?”. Rasul menjawab : ”Haji mabrur”. (HR. Bukhari)

Haji adalah jihad

Hasan bin Ali RA meriwayatkan bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW lalu berkata : ”Saya seorang penakut dan lemah”. Rasulullah bersabda : ”Mari menuju jihad yang tidak ada duri,yaitu haji”.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa rasulullah SAW bersabda : ”Jihadnya orang tua, orang lemah dan wanita adalah haji dan umrah”. (HR. Nasa’i)

Aisyah meriwayatkan bahwasanya di berkata : ”Wahai Rasulullah, engkau telah menjelaskan bahwa jihad adalah amal yang paling utama, bolehkah kami ikut berjihad?”. Rasulullah bersabda : ”Akan tetapi jihad yang paling utama adalah haji mabrur”. (HR. Bukhari)

Aisyah, Ummul Mukminin RA berkata : “Aku Berkata wahai Rasulullah, bolehkah kami berperang dan berjihad bersama kalian?”. Rasulullah bersabda : “Akan tetapi jihad paling baik dan paling bagus adalah melaksanakan haji, haji yang mabrur”.
Lalu Aisyah berkata : “Maka aku tidak pernah meninggalkan haji sejak aku mendengar ini dari Rasulullah SAW.

Haji penghapus dosa

”Barangsiapa melaksanakan ibadah haji lalu dia tidak berkata-kata kotor dan tidak berbuat fasik maka dia kembali seperti hari saat dilahirkan oleh ibunya”. (HR. Bukhari)

Jamaah haji adalah tamu Allah

Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda : Tamu Allah ada tiga,orang melaksanakan haji, umrah dan yang berperang (dijalan-Nya) apabila mereka berdoa kepada-Nya maka Dia kabulkan dan apabila mereka memohon ampun kepada-Nya maka Dia ampuni mereka”. (HR. Ibnu Hibban)

Haji balasannya surga

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “ Ibadah umrah ke umrah berikutnya menjadi penghapus (dosa) diantara keduanya dan haji mabrur tiada balasannya melainkan surga”. (HR. Muslim)

Semoga penjelasan singkat ini memberikan pemahaman kepada kita akan fadhilah atau keutamaan haji dan Allah berikan kemuliaan kepada kita untuk bisa memenuhi panggilannya. Wallahu a’lam.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ust-Taufik-HamimH. Taufik Hamim Effendi, Lc., MA

Anda punya pertanyaan silahkan kirim ke email ustadztaufik@gmail.com

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

  • Post a comment

    Threaded commenting powered by interconnect/it code.